Nulis Sak Isone: Ngantuk Banget, Bagaimana mo beraktifitas..

Senin, 18 April 2016

Ngantuk Banget, Bagaimana mo beraktifitas..

Bismillah, first blog at new blog. Lama nggak ngeblog soalnya :)

Saat ingin beraktifitas terkadang kita terasa dan serasa sangat semangat sekali. Apapun seperti mau dikerjakan, apalagi saat badan kita super fit.
Tapi ada kalanya kita serasa berat untuk berbuat sesuatu, badan loyo, lungkrah, lesu dan ngantuk. Ngantuk berat.... mau melek aja kadang susah.
Waduh... masalah ni...
Gimana ya caranya biar badan tidak mudah loyo dan mata tidak mudah ngantuk???
Nih, ada beberapa saran yang perlu kita perhatikan agar kita tidak mudah ngantuk.

1. Makanlah yang teratur dan yang bergizi.
Kalau makan kita tidak teratur apalagi gizinya kurang, badan kita tentu merespon dengan tidak kuatnya fisik kita. Pastikan makan kita cukup dengan asupan sayuran hijau, buah-buahan, ikan, daging, kalau perlu minum susu jangan ketinggalan. Tapi... kalau makan jangan kekenyangan, malah jadi ngantuk lah kita, karena peredaran darah kita fokus pada pencernaan, sehingga mata menjadi mudah ngantuk. :) 

2. Tidur yang teratur.
Kalau tidur kita tidak teratur, bisa berakibat mata kita juga mudah mengantuk. Misal suka begadang, nonton bola sampai pagi... Setahu aku, waktu yang kita buuhkan untuk tidur (usia remaja dan dewasa) sekitar delapan jam sehari.
Usahakan tidur dengan jadwal teratur, misal jam 10 malam sudah tidur, bangun tidur menjelang subuh, dan usahakan rutin dan teratur, kecuali ada yang perlu dan penting sehingga kita harus tidur agak malam. Misal ikut ngeronda,...

3. Olah Raga.
Ini ni yang mengasyikkan, olah raga kan kegiatan yang menyenangkan, jadi ane kira tidak masalah untuk melakukan hal ini, tapi yang rajin, ada jadwal ruitn, jangan olah raga kalau musiman aja.
saat musim bola, rajin sepak bola, saat musim badminton gitu juga...
BTW olah raga yang paling bagus adalah jalan kaki lho, gak percaya, coba aja, ya

Gitu aja ya dikit tulisan atawa ketikan ane, semoga bermanfaat ,buat anelah minimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar